Search
Close this search box.

Gelar Latihan Gulbencal, Pangdam Hasanuddin : Sinergi Untuk Membantu Pemda dan Masyarakat

Gelar Latihan Gulbencal, Pangdam Hasanuddin : Sinergi Untuk Membantu Pemda dan MasyarakatNews TVTNI POLRI

 

News.TV-Makassar – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr (Han)., diwakili oleh Irdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Dwi Endrosasongko, S.Sos., memimpin pelaksanaan Apel Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) Kodam XIV/Hasanuddin TA. 2022, bertempat di Lapangan M. Yusuf Makodam, Makassar. Senin (12/12/2022).

Apel gelar diikuti oleh Unsur TNI, Polri, Damkar, Basarnas beserta unsur pendukung dari Akper Pelamonia dan SMA dan SMK Kartika dengan tujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin dalan merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan penanggulangan bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Gelar Latihan Gulbencal, Pangdam Hasanuddin : Sinergi Untuk Membantu Pemda dan MasyarakatNews TVTNI POLRI

Di awal sambutan Pangdam yang dibacakan oleh Irdam menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam XIV/Hasanuddin yang dilaksanakan secara sinergi dengan Polri, Damkar dan Basarnas dalam membantu Pemda dan masyarakat apabila terjadi bencana alam.

“Dengan diselenggarakannya latihan seperti ini, diharapkan dapat terwujud konsep strategis dalam penanggulangan bencana alam melalui kerjasama secara terpadu dengan instansi terkait, khususnya rencana yang dapat digunakan saat melakukan penanggulangan bencana alam,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Mayjen Totok menegaskan, dengan melihat wilayah Kodam Hasanuddin yang memiliki tiga Provinsi, di dalamnya terdapat beberapa wilayah yang termasuk dalam daerah rawan banjir bandang dan tanah longsor, maka dari itu pihaknya menekankan agar senantiasa siap siaga untuk terlibat dalam penanggulangan bencana guna meminimalisir atau membantu korban bencana alam.

Gelar Latihan Gulbencal, Pangdam Hasanuddin : Sinergi Untuk Membantu Pemda dan MasyarakatNews TVTNI POLRI

“Mengantisipasi hal tersebut, sangat diperlukan upaya-upaya secara terpadu yang harus disiapkan dengan baik, seperti halnya latihan penanggulangan bencana alam yang akan dilaksanakan. Latihan ini selain untuk menguji kemampuan, juga sangat penting untuk mewujudkan kesiapsiagaan operasional Kodam XIV/Hasanuddin dan instansi terkait,” Imbuhnya.

Di akhir sambutannya Pangdam berharap kepada pihak penyelenggara agar mengarahkan latihan secara benar serta merencanakan dengan baik dan laksanakan latihan sesuai dengan prinsip-prinsip latihan dengan mengutamakan faktor keamanan, baik personel maupun materiil.