Search
Close this search box.

Kecamatan Bontonompo Gowa Gelar Musrembang Tahun 2024

Kecamatan Bontonompo Gowa Gelar Musrembang Tahun 2024

NewsTV – Musyawarah perencanaan pembangunan ( MUSRENBANG) Kecamatan Bontonompo kabupaten Gowa provinsi Sulawesi Selatan, Kamis 02/02/23. Dalam kegiatan ini, turut hadir Kapolsek Bontonompo AKP Hasan Fadly, Koramil Bontonompo kapten Santoso. Acara ini dihadiri wakil ketua DPRD Zulkifli Alimuddin, Bupati Gowa diwakili Hj Jamila Mustari dari Bappeda. Juga dihadiri Dinas pekerjaan umum, Dinas koperasi, Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi. Serta para kepala Desa, lurah, lingkungan karang taruna dan lainnya.

Sebelum acara, camat Bontonompo Muh. Syahrir memberikan sambutan pertama sebagai awal dimulai acara, kemudian dilanjutkan sambutan dari Bupati gowa yg diwakili dari SKPD Gowa. Dalam sambutan dengan tema bangkit untuk pemulihan ekonomi nasional berbasis digitalisasi.

Kecamatan Bontonompo Gowa Gelar Musrembang Tahun 2024
Kecamatan Bontonompo Gowa Gelar Musrembang Tahun 2024

Dimana untuk perencanaan pembangunan saat ini sudah memakai sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) untuk setiap desa dan kelurahan.

Tahun 2023 ini, sebagai tahun kedua implementasi RPJMD kabupaten Gowa Tahun 2021/2026. Perencanaan tahun 2023 untuk tahun 2024 yang harus lebih terintegratif dan mampu menjawab permasalahan dan tantangan dari pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan demokratif, imbuhnya.

Musrenbang di kecamatan Bontonompo, juga merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah (RAPBD)
Pembangunan. Pada dasarnya adalah proses perubahan aspek kehidupan menuju kondisi yg lebih baik. Undang- undang no 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan Nasional adalah keterpaduan antara aspek politik demokratif, partisipatif atas semua tanggung jawab semua pihak.
Semua tahapan pembangunan akan menggunakan aplikasi sistem informasi pembangunan daerah republik Indonesia (SIPD RI),” jelasnya.”

Sambutan Bupati Gowa dalam Musrembang Kecamatan Bontonompo

Setelah sambutan dari Bupati atau yg mewakili, anggota legislatif dan sebagai wakil ketua DPRD Zulkifli Alimuddin, mengungkapkan, ada 9 ruas jalan yang dikerjakan oleh Pemda Gowa dimana anggarannya diambil dari dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) dan perlu kita ketahui bersama bahwa pinjaman pasti ada pengembalian dan akan dikumpulkan setiap tahunnya dan menjadi kesyukuran untuk kita. Zulkifli menambahkan pula untuk tahun 2023 ini menjadi topik perbincangan yaitu kalau bukan jalanan, jalan tani, dan drainase jadi kalau bisa jangan fokus dulu untuk fisik.

Kecamatan Bontonompo Kabupaten GowaKita fokus dulu pada pemulihan ekonomi masyarakat Kecamatan Bontonompo ini bisa berjalan dengan lancar dan lebih baik,”pungkasnya.”

Zulkifli berpesan bahwa apa yang menjadi aktifitas pertemuan kita hari ini bisa bermanfaat untuk kemajuan Bontonompo kedepannya,” jelasnya.”
Dan sebagai penutup acara musrembang Kecamatan Bontonompo.

Di tempat yang sama, camat Bontonompo Muh Syahrir S Ag, memaparkan Musrenbang merupakan wadah penyampaian aspirasi, kritik dan saran untuk pembangunan dan kemajuan suatu wilayah.

Sehingga kami selaku camat berharap kepada seluruh yang hadir dalam acara Musrenbang ini memberikan informasi terkait kondisi di desa masing-masing. Sehingga kita dapat menggali potensi yang ada, tuturnya.

Syahrir menambahkan, kami juga berharap bahwa Musrenbang ini merupakan kesempatan untuk mendengar dan mendapatkan unek-unek dari seluruh perwakilan yang hadir. “Intinya kami ingin bagaimana Kecamatan Bontonompo ini makin maju kedepannya dengan kolaborasi”. Tutupnya.