Search
Close this search box.

10 Tahun Penelitian, Jepang akan Luncurkan Mobil Ringan

Jepang akan Luncurkan Mobil Ringan

NEWS TV – Departemen Ilmu dan Teknik Mesin, Sekolah Pascasarjana Teknik, mobil ringan Universitas Kyoto (Universitas Kyoto) akan membangun basis penelitian dan pengembangan teknologi menggunakan CAE (Computer Aided Engineering) untuk “pengurangan berat badan kendaraan multi-material,” yang telah diteliti dan dikembangkan selama 10 tahun terakhir, pada tahun 2023. Diumumkan bahwa rencananya akan didirikan pada bulan April.

Basis penelitian dan pengembangan CAE ini direncanakan akan didirikan di Kampus Katsura (Ward Nishikyo, Kota Kyoto), dimana Fakultas Teknik dan Sekolah Pascasarjana Teknik berlokasi di Universitas Kyoto. Kami sedang melanjutkan rencana untuk menyediakan perangkat lunak CAE dan basis datanya untuk mengembangkan bodi mobil ringan yang telah kami teliti dan kembangkan sejauh ini.

Telah Melakukan Penelitian Selama 10 Tahun

Mobil ringan jepang

Kelompok penelitian yang dipimpin oleh Profesor Shinji Nishiwaki dari Departemen Ilmu dan Teknik Mekanik telah melakukan proyek penelitian dan pengembangan bahan struktural baru yang inovatif selama 10 tahun sejak tahun 2003 untuk mobil ringan. Kami telah melanjutkan penelitian dan pengembangan teknologi desain. Pengumuman konsep dasar penelitian dan pengembangan CAE untuk lebih memajukan teknologi pemanfaatan CAE yang telah menjadi teknologi inti adalah penelitian dan pengembangan “Innovative New Structural Materials Project” yang diadakan di Iino Hall di Uchisaiwaicho, Chiyoda-ku, Tokyo pada 20 Desember. diterbitkan dalam hasil.

Dalam ‘Proyek Bahan Struktural Baru Inovatif’, yang telah dilaksanakan selama 10 tahun, bahan baru seperti pelat baja inovatif, paduan aluminium kinerja tinggi, paduan magnesium kinerja tinggi, dan plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP) telah diteliti dan maju. Untuk menggunakan material yang tepat di tempat yang tepat untuk material baru yang telah diteliti dan dikembangkan untuk mengurangi bobot dan meningkatkan performa bodi sebuah “kendaraan” seperti mobil, sebuah “desain struktur multi-material” yang mengombinasikan berbagai bahan untuk mewujudkan tubuh itu diperlukan.“Teknologi itu intinya. Kelompok riset Profesor Nishiwaki telah melanjutkan penelitian dan pengembangan alat desain berdasarkan optimasi topologi yang cocok untuk pengembangan bodi kendaraan berdasarkan desain struktur multi-material. Salah satu teknologi inti adalah pengembangan teknologi CAE.

Meminimalkan massa bodi mobil

Baru-baru ini, kelompok penelitian Profesor Nishiwaki telah mengembangkan sistem pengoptimalan berbasis antarmuka pengguna grafis (GUI), mengembangkan sistem yang membuat data CAD (desain berbantuan komputer) untuk setiap bahan dari bentuk optimal, dan melakukan pengoptimalan. Kemudian, kami mengembangkan perangkat lunak yang meminimalkan massa bodi mobil sekaligus membatasi frekuensi alami bodi mobil dan kepatuhan (kuantitas fisik yang menunjukkan kemudahan deformasi objek), yang merupakan target pengembangan, untuk mengurangi bobot bodi mobil dan berbagai performa.

Tampaknya mereka menyelesaikan perangkat lunak yang secara bersamaan memuaskan

Proyek Bahan Struktural Baru yang Inovatif

Dalam desain struktural multi-material, bodi mobil dirancang berdasarkan “desain struktural multi-material” yang menggabungkan setiap bagian menggunakan “pelat baja inovatif”, paduan aluminium performa tinggi, paduan magnesium performa tinggi, CFRTP (serat karbon resin termoplastik yang diperkuat), dll. (Setiap bahan masih dalam pengembangan). Pada saat ini, melalui optimalisasi topologi, berbagai bagian dan bodi rakitannya dirancang untuk mencapai kekakuan tinggi, mengoptimalkan zona yang dapat dihancurkan selama tabrakan, dan meningkatkan keselamatan tabrakan.Tujuannya adalah untuk merancang, mengembangkan, dan menggunakan bodi kendaraan secara praktis.

Saat ini, tampaknya mereka sedang mengembangkan perangkat lunak CAE yang dapat memeriksa berbagai performa seperti tabrakan frontal, tabrakan samping, dan jumlah deformasi maksimum pada saat “bodi mobil multi-material yang dioptimalkan” ini.

Proyek Bahan Struktural Baru yang Inovatif

“Proyek Bahan Struktural Baru yang Inovatif” akan berakhir tahun fiskal ini (FY2022, Maret 2023). Untuk alasan ini, mulai tahun 2023, Sekolah Pascasarjana Universitas Kyoto berencana untuk mengembangkan perhitungan optimalisasi struktur dan lingkungan desain untuk “badan mobil yang dioptimalkan multi-material” dan membangun laboratorium ruang terbuka yang dilengkapi dengan perangkat lunak dan data untuk teknologi CAE multi-material. Kami memutuskan untuk beralih ke posisi untuk mengembangkan lebih lanjut teknologi CAE multi-material untuk “badan mobil yang dioptimalkan multi-material”.