Search
Close this search box.

Babinsa Kodim 1425 Jeneponto Bersama Mahasiswa Tanam Pohon Mangrove

Babinsa Kodim 1425 Jeneponto Bersama Mahasiswa Tanam Pohon MangroveNews TVTNI POLRI

 

News.TV-Jeneponto- Babinsa Desa Tino Sertu Syamsuddin M, anggota Koramil 1425-05 Batang Kodim 1425 Jeneponto, bersama Mahasiswa KKN Tematik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar dan Mahasiswa KKN AL Amanah Jeneponto laksanakan kegiatan penanaman Pohon Mangrove. Minggu, 30/10/2022.

Babinsa Kodim 1425 Jeneponto Bersama Mahasiswa Tanam Pohon MangroveNews TVTNI POLRI

Selain Mahasiswa, hadir juga Bhabinkamtibmas Desa Tino Aiptu Johanes dan Sekretaris Desa Tino ananda Darwis, S.Sos., M.A dalam Penanaman Pohon Mangrove tersebut.

Penanaman pohon Mangrove tersebut dilakukan di Pinggiran Sungai yang terletak di Dusun Pangadakkang Desa Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Babinsa Sertu Syamsuddin menyampaikan, kami bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Johanes sangat mendukung dengan kegiatan Mahasiswa dalam program penanaman pohon mangrove di wilayah binaan kami,”Ucapnya.

Babinsa Kodim 1425 Jeneponto Bersama Mahasiswa Tanam Pohon MangroveNews TVTNI POLRI

Ia juga katakan kegiatan ini merupakan implementasi dari program Pembinaan Lingkungan Hidup dan memiliki peranan penting yang cukup besar pada pelestarian alam sekitar,”Sambungnya.

Salah satu Mahasiswa dari UIN Makassar Aidil Akbar mengatakan kegiatan ini salah satu Program pembelajaran bagi Mahasiswa KKN UIN Makassar dan Mahasiswa KKN Al Amanah Jeneponto.

Lanjut ia katakan tujuan dari kegiatan ini untuk mencegah intrusi air laut atau mencegah perembesan air laut yang masuk ke tanah daratan, mencegah arosi dan abrasi di pantai dari gempuran gelombang laut dan menstabilkan daerah pesisir pantai,”Jelasnya.

Babinsa Kodim 1425 Jeneponto Bersama Mahasiswa Tanam Pohon MangroveNews TVTNI POLRI

Di kesempatan yang sama Sekdes Tino “Darwis” mengatakan bahwa penanaman pohon mangrove yg di dasari atas kesadaran Pemerintah desa, pemuda, dan adek-Adek KKN baik dari UIN Alauddin Makassar maupun IAI alamanah Jeneponto dan dibantu oleh Babinsa juga Bhabinkamtibmas,”Tandasnya.

Hal tersebut merupakan wujud sebagai agen of change dan sosial of control. terkhusus dilihat dari beberapa hari terakhir Desa Tino Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto yang semakin memprihatinkan,”Ujarnya.

Dengan rentangnya terjadi banjir dan tergerusnya tanah tak bisa dinafikan.. sebab itulah kami bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan adek-Adek KKN dari UIN Alauddin Makassar dan IAI alamanah Jeneponto melakukan penanaman pohon mangrove tersebut,”Sambung Sekdes.

Selanjutnya harapan saya dengan diadakannya kegiatan penanaman ini tidak lain dan tidak bukan sebagai tindak lanjut dari kepekaan pemerintah terhadap bencana alam yg diakibatkan oleh berbagai faktor, salah satu diantaranya curah hujan tinggi dan terjadinya pendangkalan sungai,”Harapnya.

Sumber : Penerangan Kodim 1425/Jeneponto.