Search
Close this search box.

Kodim 1428 Mamasa Menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan Dalam Mengantisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten Mamasa

Kodim 1428 Mamasa Menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan Dalam Mengantisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten MamasaNews TVNews

NewsTv, Mamasa – Apel Gelar Kesiapsiagaan Pasukan Dalam Rangka Antisipasi Bencana Alam di Wilayah Kabupaten Mamasa yang diikuti sekitar 105 orang bertempat di Lapangan Makodim 1428/ Mamasa Jl. Poros Mamasa Toraja, Kelurahan Mamasa, Kecamatan Mamasa, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar,Senin 22 /11/2022 pukul 10.10 Wita. 

Kodim 1428 Mamasa Menggelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan Dalam Mengantisipasi Bencana Alam Di Wilayah Kabupaten MamasaNews TVNews

Adapun yang Hadir dalam kegiatan ini,Letkol lnf Stevi Palapa, S.Pd (Dandim 1428/ Mamasa),. AKBP Harry Andreas,S.l.K,.MM (Kapolres Mamasa),Drs. Kain Lotong Sembe, MM (Asisten 1 Bid. Pemerintahan kab. Mamasa mewakili Bupati Mamasa),AKP Dedi Yulianto, SH (Kabag Ops Polres Mamasa),dr. Hajai, M. Kes (Kadis Kesehatan Kab. Mamasa).,Daud Tandi Arruan ( Kadis PUPR Kab. Mamasa),Arjun Simotro (Kabid Sapra dis Hub Mamasa).,Pasamboan Pangloli, ST (Kabid Penanggulangan Bencana,Drs. Welem (Kastpol PP Kab. Mamasa).
Apel gelar pasukan dipimpin oleh Letkol lnf Stevi Palapa, S.Pd (Dandim 1428/ Mamasa)dan Komandan apel Letda Inf. Muh. Arif (PLH Pasi Ops Dim 1428/Mamasa)

Adapun peserta upacara terdiri dari :
a. Personil Kodim 1428/Mamasa 30 orang (1 platon )
b. Personil Polres Mamasa 15 orang
c. Personel Satpol PP Kab. Mamasa 20 orang
d. Personel dinas PUPR 10 orang
e. Personel Dinas Perhubungan Kabupaten Mamasa 10 orang
f. Personel Dinas Kesehatan Mamasa 10 orang
g.Personel Tagana Mamasa 10 orang

Dandim 1428/ Mamasa Letkol lnf Stevi Palapa, S.Pd dalam sambutannya yang intinya , Puji syukur kita panjatkan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpa rahmad dan karuniaNya kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan lahir batin sehingga hari ini kita dapat menghadiri apel kesiap siagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah Kab. Mamasa merupakan daerah. banyak berpotensi bencana alam seperti tanah longsor, gempa bumi dan banjir dimana dilihat dari letak geografis yang merupakan banyak pegunungan, lereng tebing dan jurang, Dalam menghadapi tantangan tugas terkait bencana alam sesuai arahan Pangdam XIV Hasanuddin seluruh jajaran Korem 142/ Tatag melaksanakan apel kesiapsiagaan sebagai salah satu bentuk sinergitas TNI, Polri dan Pemda Kab. Mamasa serta unsur masyarakat Kab. Mamasa pada umumnya dalam mengatasi kemungkinan bencana alam yang mungkin terjadi terjadi. pungkasnya.

Masih Dandim 1428/ mamasa, Bencana alam dapat terjadi setiap saat dan kapan saja terlebih saat ini musim penghujan dan merata disuruh wilayah Sulbar sehingga pengalaman sebelumnya saat curah hujan tinggi kesiapsiagaan dan kecepatan bertindak dalam membantu bencana alam sangat diperlukan termasuk menyiapkan dan menyiagakan sarana dan perasaan yang dibutuhkan, Dalam mengantisipasi bencana diharapkan semua personil harus memahami dan mampu melaksanakan prosedur kerja hubungan komando dalam perencanaan operasi penanggulanhan bencana serta dapat memahami dan mampu memahami pengambilan keputusan dengan cepat dan tepat.

” Kita siapkan segala sarana dan prasarana yang dimiliki untuk dapat dikerahkan dalam penanggulangan bencana yang sering terjadi sehingga merupakan tolak ukur sebagai kesiapan penugasan dengan harapan setiap indikasi segera bisa diantisipasi dalam meminimalisir dan meniadakan korban akibat bencana”.tegasnya

Arruan bonga