Search
Close this search box.

Peringati HKN, Wabup Pasangkayu: Mari Bahu Membahu Menghadapi Situasi Kesehatan

Peringati HKN, Wabup Pasangkayu: Mari Bahu Membahu Menghadapi Situasi KesehatanNews TVKESEHATAN

PASANGKAYU, NEWSTV.ID – Upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengangkat tema “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” yang menggambarkan semangat dan optimisme Rakyat Indonesia, Sabtu (12/11/2022).

Wakil Bupati (Wabup) Pasangkayu bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan HKN di halaman kantor Bupati, dan dihadiri Seketariat Daerah (Sekda) Rahmat K Turusi, Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PPK) Aulia Yaumil, Unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan para persatuan Darmawanita.

Wabup Pasangkayu membacakan amanah Mentri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Herni Agus menyampaikan, mari kita saling bahu membahu menghadapi situasi kesehatan saat ini, apalagi di masa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya pulih.

“Kita semua sangat mengharapkan negara ini secepatnya terbebas dari Covid-19, sehingga Rakyat Indonesia, khususnya Masyarakat Pasangkayu dapat kembali sehat dan bangkit untuk proaktif dalam menjalankan aktifitas kesehariannya,” ujarnya.

Dia juga sampaikan, seluruh dunia menghadapi ujian kesehatan akibat pandemi Covid-19, tapi bangsa Indonesia mampu (menghadapi-red) krisis global.

Indonesia salah satu negara berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dengan jumlah dosis yang disuntikkan Rakyat hingga Oktober 2022 sabanyak 442 juta.

“Namun, dibulan Oktober 2022 masih terdeksi adanya kasus Covid-19, dan terdata angka kematian 5 pasien meninggal dunia,” ucap Herni.

Lanjut Herni, Pemerintah pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota terus berupaya dalam melakukan penanganan kesehatan, seperti penurunan angka kematian ibu dan bayi, bahkan (angka-red) stunting pada balita serta memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dikalangan Rakyat Indonesia.

Kemenkes sedang melakukan transformasi sistem kesehatan dalam mewujudkan Masyarakat sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan.

“Selain itu, Kemenkes juga membentuk kesiapan terhadap pemerintah dalam menghadapi kesehatan di masa akan datang,” kutipnya.