Search
Close this search box.

Respon Cepat Polsek Kajuara Terkait Penyaluran BBM Subsidi bagi Nelayan

Respon Cepat Polsek Kajuara Terkait Penyaluran BBM Subsidi

NEWSTV | Kapolsek Kajuara AKP Edi Gunawan mengapresiasi kinerja LSM dan media selaku salah satu mitra kepolisian dalam hal informasi terkait adanya sebatas dugaan penimbunan BBM Subsidi di wilayah kerjanya. Tak butuh waktu lama, AKP Edi Gunawan selaku Kapolsek Kajuara Polres Bone dengan respon cepat langsung membentuk tim. Dan menuju lokasi penyaluran BBM Subsidi yang dimaksud untuk melakukan pengecekan dan memastikan kebenaran informasi tersebut. Yang terpublis di salah satu media online sepekan lalu, namun hal tersebut baru diketahuinya, Bone, 16 Oktober 2022.

Disaksiskan sejumlah awak media, usai tim Polsek Kajuara melakukan pemeriksaan. Meliputi surat rekomendasi dan peninjauan lokasi, AKP Edi Gunawan menjelaskan bahwa, belum  menemukan adanya pelanggaran hukum terkait sejumlah dugaan yang dimaksud. Dimana rekomendasi yang dimiliknya sebagai surat legalitas,telah sesuai peruntukannya dan masih berlaku. Namun terlepas dari itu, pihak Polsek Kajuara akan terus melakukan pemantauan dengan adanya informasi tersebut sehingga penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sesaran sebagaimana harapan pemerintah pusat.

Wawancara Kapolsek Kajuara Polres Bone AKP Edi Gunawan terkait penyaluran BBM Subsidi
Kapolsek Kajuara Polres Bone AKP Edi Gunawan | Fhoto Dokumen NewsTV

Edi Gunawan juga membantah keras dengan adanya dugaan pemufakatan jahat, pasalnya selain dirinya (Kapolsek Kajuara-red) tidak mengenal bahkan tidak pernah bertemu dengan lelaki bernama Firman, juga memang tidak ditemukan adanya dugaan unsur kejahatan, sehingga tentunya pemufakatan jahat yang dimaksud terbantahkan dengan sendirinya, tegasnya.

Di tempat yang sama, Firman selaku pemegang rekomendasi menjelaskan, bahwa rekomendasi yang dipegangnya memang dikeluarkan oleh instansi berwenang dari Pemkab Sinjai.

Lanjut Firman, adapun keberadaan BBM yang dimaksud berada di kabupaten Bone hanyalah penyimpanan sementara sebagai inisiatif agar BBM tersebut aman dalam artian tidak mebahayakan bagi warga setempat bilamana terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran karena sangat dekat dengan pemukiman warga.

“Dan penampungan sementara yang dimaksud adalah kediaman orang tua saya (H Habe-red) dimana jaraknya sangat terjangkau karena memang rumah saya (Firman) dan orang tuas saya yang kebetulan memiliki gudang berada di lokasi perbatasan Sinjai Bone dengan jarak relatif dekat. Hal ini juga untuk mengantisipasi, bilamana ada nelayan yang membutuhkan BBM saat hendak melaut dan tidak dapat dipastikan waktunya, jelas Firman.

Ungkapan Manager salah satu SPBU di Sinjai Terkait Penyaluran BBM Subsidi

Wawancara manager SPBU terkait penyaluran BBM Subsidi
Salah satu manager di SPBU Kabupaten Sinjai terkait penyaluran BBM Subsidi, 15 Oktober 2022 | Dok. NewsTV

Sementra itu, manager Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) berinisial “F” yang berdomisili di Kabupaten Sinjai selaku penyalur BBM ke Firman menjelaskan, bahwa SPBU yang dikelolanya menyalurkan BBM sesuai surat rekomendasi yang ditunjukkan konsumen seperti nelayan dan petani.

Lanjutnya, “SPBU kami menyalurkan sesuai kuota dan masa aktif dari rekomendasi yang ditunjukkan konsumen, entah itu dari nelayan maupun petani, dimana rekomendasi tersebut kami betul-betul teliti sebelum kami menyalurkannya ke konsumen. Misalnya kalau dari nelayan, tentunya dari instansi pemerintah terkait yakni Dinas Perikanan dan Kelautan. Dan kami sangat tidak berani menyalurkan BBM apalagi kategori Subsidi tanpa regulasi yang sebenarnya.”, Tegasnya, Sinjai, 15 Oktober 2022.

Para Nelayan pengguna BBM Subsidi

Penelusuran lebih lanjut tim Newstv, mengarah ke para nelayan di salah satu PPI di Kabupaten Sinjai. Salah seorang Nelayan berinisial “P” mengakui dirinya mengambil BBM jenis Solar untuk perahunya melalui Firman jika hendak melaut setelah melakukan komunikasi sebelum pengambilan. Hal ini,  untuk mengecek ketersediaan BBM yang dimaksud. Dan kami sangat bersyukur, karena hingga saat ini stock yang selalu terpenuhi utamanya saat waktu-waktu tertentu seperti pada waktu dinihari, dimana SPBU yang biasanya beroperasi sudah tutup.

Para nelayan pengguna BBM Subsidi jenis solar
NEWS TV melakukan Wawancara kepada sejumlah nelayan pengguna BBM Subsidi Salah satu lokasi PPI di Kabupaten Sinjai,16 Oktober 2022 | Dok. NewsTV

Tambahnya, kami sebagai nelayan tidak menetapkan dan memastikan secara langsung kapan waktu-waktu baik untuk melaut, karena banyaknya pertimbangan baik secara kondisi alam, maupun waktu baik yang kami percayai dari nenek moyang kami dan telah turun temurun kami lakukan, urai sumber.

Di tempat terpisah salah satu penggiat LSM yang belum mau namanya dipublikasikan memaparkan, bahwa terkait penyaluran BBM Subsidi bagi nelayan telah diatur dalam Permen KP Nomor 13 Tahun 2015 yang menjelaskan tentang petunjuk pelaksanaan BBM bagi nelayan sesuai rincian dari BBM tertentu pada Pepres Nomor 191Tahun 2014 Tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak termasuk pada Perpres Nomor 43 Tahun 2018 tentang Perubahan Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak lebih mengulas terkait masalah penentuan harga eceran.