Search
Close this search box.

Ketua DPW MIO SULSEL pun Menyambut Baik Rencana Pemerintah Yang Ingin Merevisi UU IT

Pembuatan website murah

Newstv Sulsel – Ketua DPW MIO SULSEL sekaligus Redaktur Newstv Sulsel pun menyambut baik rencana pemerintah yang ingin merevisi UU tersebut. Ketua DPW MIO menilai, respons Presiden Jokowi sudah tepat saat menyatakan rencana untuk mengubah UU ITE.

Ketua DPW MIO SULSEL pun Menyambut Baik Rencana Pemerintah Yang Ingin Merevisi UU ITNews TVNASIONAL

Lebih lanjut, ketua DPW MIO meminta agar Pemerintah melakukan sosialisasi agar masyarakat memahami cara menyampaikan kritik yang tepat. Hal ini bertujuan agar warga juga tidak bertindak di luar koridor hukum ketika mengutarakan kritik.

Sebelumnya, Southeast Asian of Freedom Network (SafeNet) mencatat, sejak disahkan tahun 2008 hingga 2019, jumlah kasus pemidanaan terkait Undang-Undang ini mencapai 285 kasus. Angka ini meningkat pada 2020 selama Covid-19 mewabah, yakni 110 tersangka dengan pasal pencemaran nama baik dan ujaran kebencian yang paling banyak digunakan sebagai dasar pelaporan.

Untuk merespon wacana revisi UU ITE yang mengemuka belakangan ini apakah dapat menggantikan kegaduhan di masyarakat akibat saling lapor dan seperti apa kemudian pedoman baru kepolisian dalam penegakan hukum menggunakan UU yang telah direvisi dua kali sejak tahun 2016 itu, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate ikut merespon.

Dia mengatakan semangat dibentuknya UU ITE bertujuan guna menjaga ruang digital Indonesia agar bersih, sehat, beretika dan bisa dimanfaatkan secara produktif. Untuk itu, Pemerintah mendorong penegak hukum secara lebih selektif, terutama bagi lembaga hukum seperti Mahkamah Agung, Kepolisian Kejaksaan terkait dengan penafsiran Pasal UU ITE.

“Nah, penegakan hukum dengan pedoman pada acuan yang sama dengan di dalam judisial system, hakim juga mengacu kepada pedoman yang sama sehingga proses penegakan dan penindakan hukum itu, tidak saja Polri, jaksa, hakim, Kominfo juga untuk mengamankan ruang digital yang sehat karena ini tujuan semua dari kemaslahatan kehidupan masyarakat dan berbangsa,” ujarnya dalam diskusi.

Meski begitu, Menteri Johnny menyatakan ada aspek-aspek negatif dan dampak buruknya yang perlu diminimalisir. “Saya kira itu semangat yang ingin disampaikan bersama-sama, yang dikedepankan oleh Presiden Joko Widodo,” ucapnya..

Pembuatan badan hukum
Berita Terkait
Berita Terkini
Berita Terkait Lainnya