Search
Close this search box.

Chip TSMC meleset dari ekspektasi penjualan

Chip TSMC meleset dari ekspektasi penjualan

NEWS TV – TSMC melaporkan pendapatan sebesar 625,5 miliar dolar Taiwan (19,1 miliar euro), naik 43 persen dari tahun sebelumnya. Para analis memperkirakan penjualan rata-rata 636 miliar dolar Taiwan. Pemasok eksklusif chip silikon Apple iPhone dan Mac melewatkan perkiraan para ahli untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun.

Terlepas dari pertumbuhan yang kuat, ini bisa menjadi sinyal bahwa raksasa chip tersebut juga dapat terpengaruh secara nyata oleh perlambatan industri. Seperti pabrikan lain, TSMC meningkatkan kapasitas produksi selama pandemi, juga karena pasokan semikonduktor elektronik terbatas. Namun, dengan perang Rusia melawan Ukraina dan inflasi yang lebih tinggi, ekonomi global kini terancam tumbuh jauh lebih lambat. Konsumen telah membatasi pengeluaran mereka untuk perangkat elektronik.

Pendapatan kuartal terakhir sejalan dengan apa yang telah ditetapkan TSMC untuk dirinya sendiri. Rencananya adalah 19,9 miliar hingga 20,7 miliar dolar AS. Setara dengan 20,5 miliar tercapai. Dalam industri chip, penagihan biasanya dilakukan dalam dolar AS.

CHIP TSMC: Taiwan menawarkan keringanan pajak untuk pembuat chip

Anggota parlemen Taiwan telah mengesahkan aturan baru yang memungkinkan perusahaan chip TSMC lokal mengubah 25 persen dari pengeluaran R&D tahunan mereka menjadi kredit pajak. Ini adalah bagian dari upaya untuk mempertahankan teknologi semikonduktor tercanggih di negara tersebut dan mempertahankan kepemimpinan teknologi pulau tersebut.

Pemerintah dari Washington hingga Seoul telah menawarkan stimulus untuk produksi chip dalam negeri, berharap dapat mengurangi ketergantungan berat pada Taiwan untuk semikonduktor canggih dan menghindari gangguan pasokan di masa depan. Untuk menghilangkan kekhawatiran ini, Chip TSMC sedang membangun fasilitas baru di Jepang dan Amerika Serikat dan sedang mempertimbangkan lokasi lain di Jerman.