Search
Close this search box.

Pencanangan Gemapatas Kabupaten Barru Di Desa Nepo

Pencanangan Gemapatas Kabupaten Barru Di Desa Nepo

News TV-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) sebanyak satu juta patok batas serentak seluruh Indonesia, Jumat (3/2).

Adapun Kegiatan Gemapatas tersebut untuk Kabupaten Barru dipusatkan di Desa Nepo,Kecamatan Mallusetasi yang dihadiri langsung Bupati barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si.Turut hadir Dandim 1405 Pare-Pare Letkol Inf Hastiar Hatta, Kepala BPN Kab.Barru Daud Wijaya Sitorus, Kapolsek Mallusetasi, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Nepo.

Gemapatas yang dilaksanakan Badan Pertanahan Kabupaten Barru dan merupakan agenda nasional ini diawali dengan pemasangan patok batas bidang tanah (satu juta patok batas bidang tanah untuk indonesia)

Kepala Kantor Pertanahan Daud Wijaya Sitorus memastikan bidang-bidang tanah yang dimiliki oleh pemilik tanah tidak lagi menimbulkan masalah kedepannya.

Hal ini pula mempermudah masyarakat memperoleh program sertifikat, kata Daud

Suardi dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan berterima kasih adanya program dari Kementerian ATR/BPN ini.

Adanya Patok Batas ini sangat membantu masyatakat dalam memperoleh kepastian hukum atas hak milik tanah.

Lebih lanjut Bupati Barru dua periode ini menyatakan masyarakat yang sudah memperoleh Kepastian hukum akan dimudahkan dalam penerbitan Sertifikat Tanah yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan.

Suardi juga mewarning agar Kepala desa dan seluruh pihak membantu program ini agar dapat berjalan sesuai hasil atau target yang diinginkan.

“Gerakan ini juga untuk memotivasi masyarakat agar mendaftarkan tanahnya, diharapkan dengan program pemerintah ini tidak ada lagi tanah masyarakat yang tidak bersertifikat. Saya berharap program ini bisa berjalan baik, lancar dan dapat mewujudkan adanya kepastian administrasi tanah,” ucap Suardi.

“Kita mengharapkan dukungan dari semua elemen agar kegiatan pemasangan tanda batas ini berjalan lancar dan dapat menjangkau semua elemen masyarakat,” pungkasnya.

Bupati Barru juga Menekankan agar Kepala desa dan seluruh pihak membantu program ini agar dapat berjalan sesuai hasil atau target yang diinginkan.

Gerakan ini juga untuk memotivasi masyarakat agar mendaftarkan tanahnya, diharapkan dengan program pemerintah imi tidak ada lagi tanah masyarakat yang tidak bersertifikat. Saya berharap program ini bisa berjalan baik, lancar dan dapat mewujudkan adanya kepastian administrasi tanah.

Kita mengharapkan dukungan dari semua elemen agar kegiatan pemasangan tanda batas ini berjalan lancar dan dapat menjangkau semua elemen masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan Penyerahan sertifikat berupa :
1. Aset polres kab.barru
2. Aset Pemda Barru

Dilanjutkan mengikuti kegiatan Virtual Gemapatas secara Nasional yang dipimpin langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN pelaksanaan di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah (Jateng)

Humas IKP/Barru