Search
Close this search box.

Bupati : Jaga Kerukunan Umat Beragama, Jangan Mudah Terpancing Isu Hoax

Bupati Tolitoli H. Amran H. Yahya saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Selasa (05/12/2023) pagi.

Tolitoli Paling Kondusif di Sulawesi Tengah

Newstv.id -Tolitoli – Sulteng – Situasi aman dan kondusif Kota Cengkeh Kabupaten Tolitoli, kerap dipuji banyak kalangan. Predikat daerah teraman dan terkondusif se-Sulawesi Tengah kembali disampaikan Bupati Tolitoli H. Amran H. Yahya saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama, Selasa (05/12/2023) pagi.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Tolitoli Moh Taslim dalam sambutannya mengatakan, Sosialisasi/Komunikasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Tolitoli kali ini mengambil tema “Dengan semangat moderasi beragama Mari Bersama-sama Mendukung Pembangunan Kabupaten Tolitoli yang Aman Damai Sejahtera dan Berkeadilan, yang diikuti tokoh dan pemuka agama dari Umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha.

Lanjut Kakan Kemenag, majelis-majelis keagamaan, komunitas kepemudaan, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan utamanya pemerintah secara bersama-sama saling mendukung terciptanya situasi aman dan kondusif yang selama ini terjaga dengan baik.

Dikatakan, ada lima pilar kerukunan umat beragama yang harus terus dikedepankan yaitu menerima perbedaan, kedua mengedepankan persamaan, ketiga saling percaya dan saling memahami, keempat moderasi beragama dan yang kelima adalah kesadaran global.
Menurut Taslim Forum Kerukunan Umat Beragama memiliki motto bahwa perbedaan itu adalah realitas dan harmoni itu diperlukan. Berdasarkan motto inilah yang menjadi roh kegiatan FKUB selama ini.
Karena itu, penguatan moderasi beragama dan kerukunan umat beragama adalah kebijakan yang diambil Kementerian Agama dalam memelihara kerukunan. Mimpi FKUB Kementerian Agama bahwa pada Tahun 2024 Indonesia menjadi kiblat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama di dunia.

Bupati Tolitoli H. Amran H. Yahya mengajak seluruh umat beragama agar senantiasa kuat menjaga persatuan dan kesatuan, tidak mudah goyah atau terpancing isu hoax yang dapat memecah persatuan dan kesatuan, khususnya di Kabupaten Tolitoli.
“Mari kita pertahankan predikat Tolitoli daerah teraman, paling kondusif di Sulawesi Tengah, caranya terus jaga kerukunan antarumat bergama, menjaga semangat toleransi beragama, tidak mudah terpancing isu hoax, dan melalui FKUB kami juga berterimakasih atas kerja keras selama ini dalam menjaga kerukunan sesama umat beragama. Pemkab Tolitoli sangat mengapresiasi hal itu,” puji bupati yang diamini Wakil Bupati Moh. Besar Bantilan. (ASR)