Search
Close this search box.

Sejumlah Infrastruktur Jalan di Provinsi Sulsel Memprihatinkan, Terindikasi Korupsi?

Infrastruktur Jalan di Provinsi Sulsel

MAKASSAR – NEWS TV | Infrastruktur jalan merupakan bagian penunjang dalam perputaran ekonomi suatu daerah, namun sangat disayangkan bila kondisi jalan memiliki kualitas yang kurang maksimal seperti pada sejumlah Infrastruktur Jalan di Provinsi Sulsel yang memprihatinkan.

Bahkan, sebagaimana pantauan media dan konfirmasi ke sejumlah pengguna jalan, begitu banyak ruas jalan dengan kondisi yang tidak nyaman untuk dilalui.

Meskipun nyaris tiap tahun penganggaran untuk infrastruktur jalan nampak signifikan, namun fakta kondisi jalan utamanya jalan provinsi di Sulawesi Selatan jauh dari harapan para pengguna jalan, Apakah ada indikasi Korupsi?.

Sementara itu salah seorang sumber yang merupakan anggota DPW LSM Kaki Sulsel berinisial AH mengatakan, ini menjadi PR kita bersama untuk bersinergi dengan pemerintah guna menyelidiki mengapa bisa seperti ini, Makassar, 31 Oktober 2022.

Lebih lanjut sumber mengatakan, saat ini DPW LSM KAKI Sulsel sedang melakukan pengumpulan bahan keterangan (Pulbaket) terkait sejumlah penganggaran untuk beberapa paket ruas jalan di Sulsel.

AH menambahkan, untuk Tahun Anggaran 2021 misalnya, adanya temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dimana ada belasan proyek ruas jalan yang ditengarai bermasalah dengan indikasi kerugian anggaran puluhan miliar. Meski dalam opini BPK mengatakan kelebihan pembayaran sebagai mana bahasa administrasi, namun sangat jelas bahwa itu merupakan dugaan kekurangan volume atau pekerjaan yang tidak sesuai dengan RAB. Dan dengan adanya pekerjaan yang diduga tidak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB) tetetunya kondisi proyek tersebut jauh dari kualitas dan kuantitas yang maksimal dan pada akhirnya pula tidak bisa digunakan dalam artian anggaran akan mubasir 100 persen.

Untuk sementara ini, tim kami sedang bekerja melakukan penelusuran data baik secara elektronik maupun fisik di lapangan. Namun bila mana kami temukan dugaan kerugian negara atau pemufakatan jahat, tentunya kami pun akan melakukan upaya lanjutan sesuai prosedur di negara ini, jelas AH.